About Us

Dampak Teknologi dalam Kehidupan, Selama 2 hingga 3 dekade terakhir, teknologi semakin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, hingga mengambil alih kehidupan kita. Luangkan waktu sejenak, berhenti membaca posting ini dan lihat sekeliling Anda. Apa yang Anda perhatikan? Apakah Anda melihat teknologi, gadget, komputer, pemantauan video?

Perhatikan bagaimana hidup kita dikelilingi oleh gadget dan peralatan teknologi. PC di meja Anda, ponsel di samping tempat tidur Anda, router Wifi, bahkan termostat Anda – semua ini adalah contoh bagaimana teknologi telah mengubah setiap aspek kehidupan kita; beberapa untuk kebaikan dan yang lain mungkin tidak begitu baik.

Dalam posting ini, kita akan melihat beberapa prestasi terbaru dalam teknologi dan menganalisis dampak positif dan negatifnya terhadap kehidupan kita.

Dampak Teknologi dalam Kehidupan

Dampak Positif Teknologi Bagi Masyarakat

Revolusi Smartphone

Itu lebih dari satu dekade yang lalu ketika ponsel terutama digunakan untuk menelepon dan mengirim teks. Saat ini, penggunaan ponsel menjalankan keseluruhan. Ponsel melakukan segalanya mulai dari mengambil gambar beresolusi tinggi hingga menonton video dengan piksel sempurna, menjelajahi internet hingga bermain game dengan grafis intensif hingga memantau gerakan Anda. Sungguh menakjubkan bagaimana perangkat kecil ini dapat menangani tugas-tugas yang menuntut selain memenuhi kebutuhan komunikasi dasar.

Munculnya smartphone telah sangat menyederhanakan hidup kita. Orang-orang sekarang terhubung dengan orang yang mereka cintai lebih sering dan mudah melalui panggilan video dan layanan pesan instan. Tugas, seperti membuat slide, membaca email, dan membuat dokumen tidak memerlukan PC lagi.

Singkatnya, smartphone dan aplikasi telah mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan bermain. Selain itu, booming ekspansi e-commerce dan perusahaan berbasis internet berbanding lurus dengan pesatnya proliferasi smartphone.

Dampak Negatif Teknologi Terhadap Masyarakat

Gaya Hidup Kurang Aktif

Sementara revolusi smartphone telah membuat hidup kita mudah, itu juga membuat kita malas. Hari ini, seluruh dunia ada di ujung jari kita, dan dengan demikian kita tidak perlu bekerja atau bergerak seperti yang kita lakukan sebelumnya untuk menyelesaikan sesuatu.

Gaya hidup kita yang tidak banyak bergerak dan kurangnya aktivitas fisik sebagian dapat dikaitkan dengan ketergantungan yang berlebihan pada smartphone. Ini terutama berlaku untuk generasi muda, yang terus-menerus terpaku pada ponsel mereka. Di era modern, kecanduan ponsel memiliki dampak negatif pada kehidupan kita. Perawatan perlu diambil untuk menangani masalah ini dengan cara yang efektif.
Robotika dan Kecerdasan Buatan

Kemajuan yang dibuat oleh komunitas ilmiah dan teknik telah mengubah Artificial Intelligence (AI) dan robotika dari fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Meskipun kita tidak memiliki robot seperti manusia seperti yang digambarkan dalam film, mesin cerdas sekarang menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Pikirkan tentang drone canggih yang mampu melakukan pengawasan, pelacakan, dan tindakan ofensif- bukankah mesin seperti itu adalah robot yang sangat cerdas? Bagaimana dengan jalur perakitan otomatis di pabrik industri yang dapat menangani pembuatan dan pengemasan barang sendiri?

Mesin canggih yang mampu bekerja dengan sedikit campur tangan manusia adalah robot canggih juga. Mobil tanpa pengemudi adalah contoh lain dari AI dan robotika. Dengan raksasa teknologi seperti Google, Tesla, dan BMW terlibat dalam produksi mobil tanpa pengemudi, sepertinya kita akan melihat mobil self-driving lebih cepat dari yang kita duga.

Meskipun konsep Robotika dan AI terdengar menarik, itu bukan tanpa kekurangan. Banyak orang percaya bahwa penerapan robotika dan AI akan menyebabkan PHK massal dan pengangguran. Kita telah melihat bagaimana pekerja pabrik kehilangan pekerjaan mereka ketika jalur perakitan otomatis diperkenalkan. Sekarang, dengan mobil tanpa pengemudi, chatbot cerdas, dan lebih banyak lagi yang mengetuk pintu, mungkin pengemudi dan agen dukungan pelanggan akan kesulitan mempertahankan pekerjaan mereka.

Masa Depan Teknologi

Semakin hari, teknologi semakin berkembang pesat. Dan terlepas dari kekhawatiran tentang pengangguran dan ketergantungan yang berlebihan, penggunaan teknologi yang tepat memiliki masa depan yang cerah bagi kita. Jadi, bagaimana teknologi dapat membentuk masa depan dengan cara yang lebih baik? Mari lihat!

Energi bersih

Konsumsi bahan bakar fosil yang berlebihan telah membawa planet kita ke ambang konsekuensi bencana. Namun, teknologi membantu kita mengatasi masalah ini dengan mengembangkan energi bersih. Pengembangan di bidang teknologi tenaga surya telah secara drastis mengurangi biaya sel surya.

Pembangkit listrik melalui turbin angin juga mendapatkan banyak momentum dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, dalam waktu dekat, teknologi dapat membantu kita menghilangkan ketergantungan pada bahan bakar fosil dan merangkul solusi energi bersih dan hijau.

Realitas Virtual (VR)

Ingat Pokemon Go? Nah, itu adalah salah satu contoh paling awal dari realitas virtual yang menjadi arus utama. Raksasa teknologi seperti Google, Facebook, dan Nokia menghabiskan banyak uang untuk membuat pengalaman VR lebih baik bagi pelanggan.

Namun, VR bukan hanya tentang pengalaman multimedia yang imersif. Dengan waktu dan perkembangan lebih lanjut, VR dapat digunakan untuk komunikasi melalui hologram, untuk berinteraksi dengan objek 3-D dan tujuan bermanfaat dan pendidikan lainnya.

Pendidikan untuk semua

Sejumlah besar populasi global tidak memiliki akses ke pendidikan berkualitas. Dengan bantuan internet, siapa pun di planet ini dapat memiliki akses tidak hanya ke pendidikan dasar tetapi juga topik lanjutan.

Institusi pendidikan terkenal dari berbagai negara sudah merekam kuliah dan mempublikasikan materi tersebut di internet untuk dilihat dan dipelajari semua orang. Dengan konektivitas internet dan smartphone yang lebih baik, “pendidikan untuk semua” tidak akan menjadi impian lagi.

Mobil Terbang

Ini terdengar langsung dari sebuah film, tetapi mobil terbang mungkin akan segera menjadi arus utama. Amazon sudah mulai mengirimkan barang dengan bantuan armada drone-nya, dan Google sedang bekerja untuk membangun drone yang kuat sendiri.

Beberapa perusahaan rintisan juga sedang mengerjakan pembuatan mobil terbang. Mobil terbang untuk segala maksud dan tujuan adalah drone yang mampu mengangkut orang. Sudah ada beberapa prototipe kendaraan terbang:

  • Terrafugia memiliki TF-X
  • Pal-V memiliki Pal-V1
  • Pusat Teknologi dan Pendidikan Masyarakat Adat (I-TEC) memiliki “Mobil Terbang” Maverick LSA
  • dan terakhir AeroMobil s.r.o. memiliki AeroMobil 3.0.

Ini hanyalah beberapa dari teknologi luar biasa yang akan kita miliki di tahun-tahun mendatang. Masa depan tidak dapat diprediksi dan kemungkinannya tidak terbatas.