Mesin Ketik Pengolah Kata Modern

37 Mesin Ketik Pengolah KataMesin Ketik Pengolah Kata, Sebelum kita menggunakan device khusus yg dapat di gunakan pada sistem UNIX untuk pemrosesan teks, kita harus mengetahui  tentang perubahan utama dalam proses penulisan yg tidak bisa dihindari ketika Anda mulai memakai komputer.

Fitur yg paling penting dari program komputer untuk penulis merupakan kemampuan untuk mengingat apa yg diketik dan kemampuan untuk memungkinkan perubahan tambahan—tidak ada lagi mengetik ulang dari awal setiap kali draf direvisi.

Untuk penulis pertamakali memakai software pengolah kata pastinya tidak dapat membandingkan fitur yang dimiliki. Dimulai dari perintah dasar, fitur format, membuat pekerjaan mengetik menjadi lebih mudah di bandingkan dengan mesin tik.

baca juga: Teknologi Penyimpanan Data Flash

Mesin Ketik Pengolah Kata

Menulis pada dasarnya merupakan proses berulang. Ini merupakan penulis langka yg membuat karya yg sudah jadi; kebanyakan dari kita bekerja dalam lingkaran, kembali lagi dan lagi ke prosa yg sama, menambah atau menghapus kata, frasa, dan kalimat, mengubah urutan pemikiran, dan mengelaborasi satu kalimat menjadi halaman teks.

Seorang penulis yg mengerjakan kertas secara berkala perlu mengosongkan tumpukan—untuk mengetik salinan yg bersih, bebas dari elaborasi. Saat penulis membaca salinan baru, proses revisi berlanjut, kata di sini, kalimat di sana, hingga draf baru dikaburkan oleh perubahan seperti yg pertama. Seperti yg dikatakan Joyce Carol Oates: “Tidak ada buku yg pernah selesai. Itu ditinggalkan.”

Sebuah Ruang Kerja

Salah satu fitur terpenting dari Mesin Ketik Pengolah Kata adalah ia memberikan ruang di mana penulis/pengetik bisa membuat sebuah naskah. Di satu sisi, tampilan layar video di terminal Anda, yg menggemakan karakter yg Anda ketik, dianalogikan dengan selembar kertas.

Tetapi ruang kerja pengolah kata tidak begitu jelas seperti selembar kertas yg digulung menjadi mesin tik, yg bisa ditambahkan dengan rapi ke tumpukan pekerjaan yg telah selesai saat selesai, atau disobek dan diremas sebagai awal yg salah.

Dari sudut pandang komputer, ruang kerja Anda merupakan blok memori, yg disebut buffer, yg dialokasikan saat Anda memulai sesi pemrosesan kata. Buffer ini merupakan area yang di gunakan untuk penyimpanan sementara pekerjaan naskah dan dikosongkan setiap akhir setiap sesi.

Untuk menyimpan pekerjaan Anda, Anda harus menulis isi buffer ke file. File merupakan tempat penyimpanan permanen pada disk (hard disk atau floppy disk). Setelah Anda menyimpan pekerjaan Anda dalam file, Anda bisa mengambilnya untuk digunakan di sesi lain.

Saat Anda memulai sesi mengedit naskah yg ada di file, salinan file dibuat dan isinya dibaca ke dalam buffer. Anda benar-benar mengerjakan salinannya, membuat perubahan padanya, bukan aslinya. File tidak diubah hingga Anda menyimpan perubahan selama atau di akhir sesi kerja Anda. Anda juga bisa membuang perubahan yg dibuat pada salinan buffer, menjaga file asli tetap utuh, atau menyimpan beberapa versi naskah dalam file terpisah.

Khususnya ketika bekerja dengan naskah yg lebih besar, pengelolaan file disk bisa menjadi upaya besar. Jika, seperti kebanyakan penulis, Anda menyimpan banyak draf, Anda akan mudah kehilangan jejak versi file mana yg terbaru.

Perangkat untuk Mengedit

Bagi banyak orang, kemampuan untuk mengambil naskah dari file dan membuat beberapa revisi tanpa susah payah seperti mengetik ulang di mesin tik. Namun, sebelum Anda bisa mendapatkan manfaat dari pengolah kata, ada banyak hal yg harus dipelajari.

Operasi pengeditan dilakukan dengan mengeluarkan perintah. Setiap sistem Mesin Ketik Pengolah Kata memiliki serangkaian perintah yg unik. Minimal, ada perintah untuk

  • pindah ke posisi tertentu dalam naskah;
  • masukkan teks baru;
  • mengubah atau mengganti teks;
  • menghapus teks;
  • menyalin atau memindahkan teks.

Untuk membuat perubahan pada naskah, Anda harus bisa berpindah ke tempat tersebut dalam teks tempat Anda ingin melakukan pengeditan. Sebagian besar naskah terlalu besar untuk ditampilkan secara keseluruhan pada satu layar terminal, yg umumnya menampilkan 24 baris teks.

Biasanya hanya sebagian dari naskah yg ditampilkan. Tampilan sebagian naskah Anda ini terkadang disebut sebagai jendela.* Jika Anda memasukkan teks baru dan mencapai garis bawah di jendela, teks pada layar secara otomatis akan menggulir (menggulung) untuk membuka baris tambahan di bagian bawah. Kursor (garis bawah atau blok) menandai posisi Anda saat ini di jendela.

Pada dasarnya ada dua jenis gerakan:

  • menggulir teks baru ke dalam jendela
  • memposisikan kursor di dalam jendela

Saat Anda memulai sesi, baris teks pertama merupakan baris pertama di jendela, dan kursor diposisikan pada karakter pertama. Perintah pengguliran mengubah baris mana yg ditampilkan di jendela dengan bergerak maju atau mundur melalui naskah. Perintah pemosisian kursor memungkinkan Anda untuk bergerak ke atas dan ke bawah ke baris individual, dan sepanjang baris ke karakter tertentu.

Pemformatan naskah

Pengeditan teks memang luar biasa, tetapi tujuan dari proses penulisan merupakan menghasilkan naskah cetak untuk dibaca orang lain. Dan naskah tercetak lebih dari sekadar kata-kata di atas kertas; itu merupakan susunan teks pada halaman. Misalnya, unsur-unsur surat bisnis disusun dalam format yg konsisten, yg membantu orang yg membaca surat mengidentifikasi unsur-unsur tersebut.

Laporan dan naskah yg lebih kompleks, seperti manual teknis atau buku, memerlukan perhatian yg lebih besar untuk pemformatan. Format naskah menyampaikan bagaimana informasi diatur, membantu dalam penyajian ide kepada pembaca.

Sebagian besar program Mesin Ketik Pengolah Kata memiliki kemampuan pemformatan bawaan. Perintah pemformatan bercampur dengan perintah pengeditan, sehingga Anda bisa membentuk naskah Anda di layar. Perintah pemformatan seperti itu merupakan ekstensi sederhana dari yg tersedia untuk seseorang yg bekerja dengan mesin tik.

Misalnya, perintah pemusatan otomatis menyimpan kesulitan menghitung karakter secara manual untuk memusatkan judul atau teks lainnya. Mungkin juga ada fitur seperti pagination otomatis dan pencetakan header atau footer.

Editor teks, sebaliknya, biasanya memiliki sedikit kemampuan pemformatan. Karena dirancang untuk memasuki program, kemampuan pemformatannya cenderung berorientasi pada format yg dibutuhkan oleh satu atau lebih bahasa pemrograman.

Bahkan programmer menulis laporan, namun.

Khususnya di AT&T dimana sistem UNIX di ciptakan, yang memiliki penekanan terhadap device untuk memproses naskah dan membantu para programer serta staff di bell Labs membuat laporan, manual, serta naskah lainnya yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Pencetakan

Kemampuan pemformatan sistem Mesin Ketik Pengolah Kata dibatasi oleh apa yg bisa dikeluarkan pada printer. Misalnya, beberapa printer tidak bisa melakukan backspace dan oleh karena itu tidak bisa menggarisbawahi. Untuk diskusi ini, kami mempertimbangkan empat kelas printer yg berbeda: dot matrix, kualitas huruf, phototypesetter, dan laser.

Printer berkualitas huruf menghasilkan salinan yg lebih jelas dan lebih mudah dibaca daripada printer dot-matrix. Printer dengan kualitas huruf biasanya digunakan di kantor untuk korespondensi formal serta untuk draf akhir proposal dan laporan.

Sampai baru-baru ini, naskah yg membutuhkan kualitas pencetakan lebih tinggi daripada yg tersedia dengan printer berkualitas letter dikirim untuk pengaturan huruf. Bahkan jika salinan draf diproses kata, materi sering dimasukkan kembali oleh penata huruf, meskipun banyak perusahaan pengaturan huruf bisa membaca file yg dibuat oleh program Mesin Ketik Pengolah Kata populer dan menggunakannya sebagai titik awal untuk pengaturan huruf.

Kebanyakan peralatan typesetting menggunakan bahasa markup daripada pendekatan wysiwyg untuk menentukan ukuran titik, gaya tipe, memimpin, dan sebagainya. Sampai saat ini, teknologi itu bahkan tidak ada untuk mewakili di layar jenis huruf dengan lebar variabel yg muncul di buku dan majalah yg diterbitkan.