Teknologi Penyimpanan Data Flash

Teknologi Penyimpanan Data FlashTeknologi Penyimpanan Data Flash adalah teknologi penyimpanan data yang didasarkan pada memori yang diprogram dengan berkecepatan tinggi. Kecepatan penyimpanan flash adalah bagaimana mendapatkan namanya: Ia menulis data dan melakukan operasi I/O acak dalam sekejap.

Penyimpanan flash menggunakan jenis memori nonvolatile yang disebut memori flash. Memori nonvolatil tidak memerlukan daya untuk menjaga integritas data yang disimpan, jadi meskipun daya Anda padam, Anda tidak kehilangan data. Dengan kata lain, memori nonvolatile tidak akan “melupakan” data yang disimpannya saat disk dimatikan.

Penyimpanan flash menggunakan sel memori untuk menyimpan data. Sel dengan data yang telah ditulis sebelumnya harus dihapus sebelum data baru dapat ditulis. Penyimpanan flash juga bisa datang dalam beberapa bentuk, dari stik USB sederhana hingga array semua flash perusahaan.

Teknologi Untuk Penyimpanan Data Flash Komputer

SSD vs. HDD

Karena menggunakan teknologi sirkuit terpadu, penyimpanan flash adalah teknologi solid-state, artinya tidak memiliki bagian yang bergerak. Ketika teknologi flash digunakan untuk penyimpanan perusahaan, istilah flash drive atau flash array sering digunakan secara bergantian dengan solid-state drive (SSD).

Teknologi SSD kontras dengan teknologi hard disk drive (HDD)—jenis penyimpanan komputer utama lainnya, yang telah ada sejak 1950-an. Berbeda dengan SSD, penyimpanan HDD bergantung pada disk yang berputar, motor, dan kepala baca/tulis, menggunakan magnet untuk menyimpan data pada piringan yang berputar.

Penyimpanan Flash di pusat data

Penyimpanan flash menawarkan manfaat unik bagi perusahaan yang bergulat dengan volume data yang meledak dan akses data yang lambat dan tidak dapat diprediksi. Karena semua solusi penyimpanan flash menjadi semakin terjangkau dibandingkan dengan disk yang berputar, perusahaan sekarang dapat mewujudkan manfaat flash dalam skala besar, termasuk:

Performa aplikasi yang dipercepat. Ini sering merupakan manfaat pertama yang dipikirkan orang ketika mereka memikirkan flash. Dengan kinerja 20x teknologi HDD, flash dapat mempercepat aplikasi umum perusahaan, seperti Oracle Database, MS-SQL, SAP, dan VDI, serta analitik data besar seperti database Hadoop dan NoSQL.

  • Kecepatan flash memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi lebih cepat dan lebih efektif. Ini membebaskan staf TI untuk lebih fokus pada tujuan bisnis strategis dan lebih sedikit pada latihan kebakaran yang tidak direncanakan. Dan itu memberdayakan bisnis untuk memanfaatkan peluang, hasil, dan pasar baru dengan peningkatan produktivitas dan waktu pemasaran yang lebih cepat.
  • Peningkatan ekonomi pusat data. Dengan pengembangan teknologi flash berkepadatan tinggi, solusi penyimpanan semua flash saat ini menawarkan kinerja yang lebih cepat dan kapasitas yang lebih tinggi di sebagian kecil dari jejak pusat data. Karena volume data mereka terus tumbuh, perusahaan dapat melihat penghematan biaya yang signifikan dari waktu ke waktu dari manajemen yang disederhanakan dan pengurangan biaya ruang, daya, dan pendinginan.
  • Infrastruktur masa depan. Memodernisasi pusat data Anda dengan flash adalah langkah penting dalam transformasi digital, tetapi penting untuk memilih sistem flash yang mendukung perubahan kebutuhan bisnis. Tidak semua solusi flash dibuat sama.

Sistem All Flash

Sistem all-flash yang menawarkan scale-out nondisruptive memungkinkan untuk memulai dari yang kecil dan berkembang menjadi besar. Penyimpanan flash yang NVMe-ready juga dapat membantu infrastruktur Anda di masa depan untuk teknologi baru dan menghilangkan upgrade forklift yang mahal dan mengganggu. Jika strategi TI Anda memerlukan elemen cloud potensial di masa mendatang, sistem flash yang mendukung integrasi cloud memberi Anda fleksibilitas maksimum untuk masa depan.

Dengan penyimpanan all-flash terintegrasi cloud yang paling di industri dan fleksibilitas paling tinggi untuk mendukung teknologi flash baru, NetApp memudahkan Anda memanfaatkan inovasi dalam flash tanpa mengganggu bisnis Anda.

Masa depan Penyimpanan Flash

Secara historis, SSD telah dirancang agar sesuai dengan antarmuka I/O yang sama dengan hard disk drive (HDD), seperti antarmuka SATA dan SAS, untuk terhubung ke komputer host. Meskipun sebagian besar SSD saat ini menggunakan memori flash berbasis 3D TLC NAND, perkembangan pesat dalam teknologi Non-volatile Memory Express (NVMe), NVMe over Fabrics (NVMe-oF), dan memori kelas penyimpanan (SCM) menawarkan potensi luar biasa di pusat data .

NVMe adalah protokol antarmuka untuk mengakses penyimpanan flash melalui bus PCI Express (PCIe). Tidak seperti arsitektur all-flash tradisional, yang terbatas pada satu antrian perintah serial, NVMe mendukung puluhan ribu antrian paralel, masing-masing dengan kemampuan untuk mendukung puluhan ribu perintah bersamaan.

NVMe-oF adalah antarmuka sisi host ke dalam sistem penyimpanan yang memperluas banyak kemampuan NVMe yang relevan melalui akses memori langsung jarak jauh (RDMA) atau fabric Fibre Channel. Dengan NVMe-oF, dimungkinkan untuk menskalakan ke sejumlah besar perangkat NVMe, bahkan dari jarak jauh.

SCM, juga dikenal sebagai memori persisten (PMEM), adalah jenis teknologi media baru yang mengaburkan batas antara memori dan penyimpanan karena dapat digunakan sebagai keduanya. Contoh SCM termasuk 3D XPoint Intel dan media Z-NAND Samsung.

Ketika digunakan secara luas, NVMe dan NVMe-oF, terutama dalam kombinasi dengan SCM, dapat secara dramatis mempercepat aplikasi generasi baru, memberikan latensi 10x lebih rendah dan IOPS maksimum.

NetApp adalah yang pertama memasarkan SSD 15TB berkapasitas tinggi berdasarkan teknologi 3D NAND. Sekarang memimpin masa depan flash dengan visi yang kuat untuk mengintegrasikan sistem penyimpanan flash baru berdasarkan NVMe, NVMe-oF, dan SCM ke dalam infrastruktur yang ada tanpa gangguan.

Memilih Penyimpanan Untuk Komputer

Apakah Anda kesulitan memahami perbedaan antara hard disk drive (HDD), solid state drive (SSD), dan solid state hybrid drive (SSHD)? Ada sejumlah faktor penting yang perlu dipertimbangkan, jadi sebaiknya pilih opsi yang memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

Faktor bentuk

Tanpa bagian yang bergerak, SSD adalah yang tertipis dari semua opsi penyimpanan yang tersedia. Mereka sangat baik untuk PC tipis dan ringan dan desain industri yang lebih rumit. Untuk notebook standar, SSD tersedia dalam ketinggian 7 mm.

Kapasitas

Hard drive adalah pekerja keras dalam hal kapasitas. Diperkirakan akan terus bertambah. Solid state hybrid drive juga menawarkan titik kapasitas maksimum dengan harga terjangkau sementara solid state drive hanya terjangkau pada kapasitas yang lebih rendah. SSD berkapasitas tinggi tetap mahal.

Kecepatan

SSD memberikan kinerja puncak untuk booting dan kinerja baca/tulis yang tinggi untuk komputasi yang membutuhkan kemampuan multitasking yang ditingkatkan. SSHD dapat memberikan kinerja mendekati SSD saat booting, peluncuran, dan pemuatan. HDD biasanya memberikan kinerja yang cukup untuk sebagian besar platform PC yang tersedia saat ini.

Harga

SSD berkapasitas rendah dapat terjangkau dalam kisaran 250 GB hingga 500 GB. Tetapi SSD berkapasitas tinggi sangat mahal, terutama jika diukur dengan biaya per gigabyte. HDD memberikan biaya terendah per gigabyte. SSHD memberikan biaya per gigabyte yang sedikit lebih tinggi daripada HDD.

Daya tahan baterai

Solid state drive adalah yang paling hemat daya. Hard disk solid state hybrid hadir dalam waktu yang sangat dekat untuk efisiensi daya. Karena hard disk ini lebih sering mengalami spin down daripada hard disk. Secara umum, penyimpanan tidak akan memengaruhi masa pakai baterai di komputer laptop lebih dari sekitar 10%. Daya prosesor dan layar LCD paling bertanggung jawab untuk menguras baterai.

Keandalan

Tingkat kegagalan pada teknologi SSD, HDD, dan SSHD memiliki peringkat yang sangat mirip. SSHD menggunakan bagian flash dan HDD lebih efisien daripada jika terpisah, sehingga dianggap sangat andal.

Daya tahan

Solid state drive dipandang lebih tahan lama karena desainnya. Tanpa bagian yang bergerak, mereka dapat menahan guncangan, jatuh, dan suhu ekstrem yang lebih tinggi.

Ringkasan Penyimpanan Flash

Saat meningkatkan penyimpanan laptop, memilih antara teknologi HDD, SSD, dan SSHD bisa tampak seperti keputusan yang sulit. Mungkin pertanyaan penting untuk ditanyakan adalah: Bagaimana Anda bisa mendapatkan kapasitas maksimum yang hampir secepat solid state tetapi sesuai dengan anggaran Anda? Secara keseluruhan, solid state hybrid drive dapat memberikan kombinasi terbaik dari karakteristik kinerja dan pertimbangan anggaran untuk memenuhi kebutuhan Anda.